Mengenai Iris Mata

Pernahkah Anda terpikir apa yang mengatur warna iris mata seseorang? Memang benar bahwa melanin (pigmen yang terdapat pada iris) yang menentukan warna iris itu sendiri. Tapi bagaimana melanin dapat mengatur warna iris yang terlihat? Selain itu, ada berbagai macam warna mata manusia dan warna ini bersifat herediter, alias dapat diturunkan. Bagaimana caranya warna iris mata diturunkan?

Kita lihat dulu bagaimana susunan iris dari depan ke belakang. Yang atas adalah lapisan depan dan yang paling bawah adalah lapisan belakang iris.

lapisan-iris

Bagaimana karakteristik masing-masing warna iris?

Jika pigmen melanin banyak terdapat pada lapisan depan iris, iris terlihat berwarna coklat sampai hitam. Jika pigmen ini sedikit, maka yang tampak adalah bayangan lapisan berikutnya yang berwarna biru atau kelabu. Jika pigmen tidak ada sama sekali, maka warna yang terlihat adalah merah, sesuai warna lapisan pembuluh darah iris.

human_eye_color

Bagaimana warna iris diturunkan? (science detected):

baby_eye_color_odds

Warna mata diatur oleh dua macam alel. Alel pertama adalah gen bey1 (EYCL2) dan bey2 (EYCL3), yang memiliki genotip yaitu B (iris coklat) dan b (iris biru). Alel ini terletak pada kromosom 15 rantai panjang (15q11-15). Sedangkan alel kedua adalah gen gey2 (EYCL1). Ada dua macam gen juga dari alel ini, yaitu G dan g. Alel ini terletak pada kromosom 19 rantai pendek (19p13.1-13.11). Gen G baru terekspresi dalam bentuk dominan.

Hubungan gen G dan gen B berbeda dengan kodominasi isoaglutinogen pada penentuan golongan darah. Jika tidak ada gen G (dengan kata lain yang ada hanya g), maka gen itu akan menjadi inaktif dan posisi gennya dalam simbol genetik digantikan oleh gen b. Berarti untuk alel genotip G (haploid) saja ada tiga macam kombinasi, yaitu GG, Gb, dan bb. Sementara gen B (haploid) seperti biasa, ada tiga kombinasi juga yaitu BB, Bb, dan bb. Ini berarti ada 3 x 3 alias 9 macam kombinasi genotip yang mungkin pada fetus, yaitu:

  • BBGG. Fenotip coklat.
  • BbGG. Fenotip coklat.
  • BBGb. Fenotip coklat.
  • BbGb. Fenotip coklat.
  • BBbb. Fenotip coklat.
  • Bbbb. Fenotip coklat.
  • bbGG. Fenotip hijau.
  • bbGb. Fenotip hijau.
  • Bbbb. Fenotip biru.

Dengan kombinasi seperti ini, masih ada kemungkinan kedua orang tua dengan mata coklat memiliki keturunan biologis dengan iris hijau atau biru. Namun tidak sebaliknya. Dua orang tua dengan mata biru tidak mungkin memiliki keturunan biologis dengan mata coklat. Tampaknya ini yang menyebabkan frekuensi warna iris biru menjadi dominan di kalangan orang Kaukasian. (Lihat saja gambar di atas sekali lagi. Semua kombinasi warnamata bisa menghasilkan iris biru, kan?) Namun konsep ini tidak menjelaskan warna mata di luar tiga macam ini (misalnya merah pada albino, kelabu, dan hazel) serta tidak menjelaskan gradasi coklat pada iris (dari coklat muda, amber, sampai coklat tua).

Adapun untuk memperkirakan apa jenis genotip pada seseorang, dapat ditelusuri dari pola warna mata dalam keluarganya (orang tua dan saudara-saudara yang berhubungan darah). Sebagai contoh, orang dengan fenotip warna mata coklat, yang memiliki orang tua warna mata hijau (bbG_) dan coklat (B_G_), kemungkinannya memiliki genotip BbG_.

Yang jelas, warna iris mata diatur bukan oleh satu gen, tapi oleh interaksi beberapa gen.

Kelainan pada iris (heterochromia):

Warna mata ditentukan oleh jumlah melanin, suatu pigmen coklat gelap, yang terdapat dalam bagian mata yang disebut “iris”.
Mata berwarna biru adalah disebabkan oleh sedikitnya jumlah melanin, sementara mata berwarna coklat menunjukkan iris dengan kandungan melanin yang banyak.
Orang-orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin sehingga mereka memiliki mata berwarna coklat, sementara orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih pucat memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit sehingga biasanya memiliki warna mata yang lebih terang.

Saat seorang individu memiliki jumlah melanin yang berbeda pada setiap iris di mata mereka, maka mata mereka pun akan memiliki warna yang berbeda. Hal ini disebut sebagai Heterochromia Iridium.
Heterochromia Iridium ini secara relatif termasuk jarang untuk manusia, tetapi termasuk umum pada beberapa binatang seperti kuda, kucing, dan beberapa spesies anjing.

Heterochromia Iridium diduga sebagai akibat dari perubahan pada satu dari beberapa gen yang mengatur warna mata.
Heterochromia Iridium ini juga bisa merupakan keturunan, walaupun trauma dan beberapa jenis pengobatan dapat juga mengakibatkan peningkatan maupun penurunan pigmentasi pada salah satu iris. Beberapa jenis sindrom medis, misalnya Waardenburg Syndrome, juga dapat mengakibatkan seseorang untuk memiliki dua warna mata yang berbeda.

Contoh orang yang memiliki dua warna mata berbeda:

y1ppS5dyekfbF5uHFIbW9miwgHnd1Pd1jbRqBxRlQyd3EneD8N3NJTK4Uuf5XDhMkRNimg_9042afghan-woman


About these ads

11 Comments

  1. nah, kalo di indonesia kan ada warna iris hitam dan ada yang choklat, itu lebih dominan mana ?

    • wah ini yang saya ndak tau

  2. gimana kalau orang tidak punya iris? akibatnya apa?

  3. Fungsi Iris salah satunya adalah memungkinkan untuk menyaring cahaya melalui mata. Sinar matahari bersamaan dengan refleksi di mata, dapat memberikan tampilan ungu pada mata. biasanya orang yg terkena gangguan iris, menjadi sensitif terhadap sinar matahari ….

  4. tp kok nggak ada orang indonesia asli yang irisnya selain coklat dan hitam

    • betul… memang orang indonesia umumnya memiliki gen yang menghasilkan iris warna coklat dan hitam saja, meskipun tidak semua….

    • betul… memang orang indonesia umumnya memiliki gen yang menghasilkan iris warna coklat dan hitam saja, meskipun tidak semua….

  5. kalo irisnya cokelat tapi ada warna berbeda dari arah jam7 sampai jam 8 .. cokelat yg lebih tua dari titik sampai pinggir iris mata gimana tuh,,, sehat ga saya

    • Wah klo urusan yang seperti ini, mungkin bapak/ibu/ mas/ mba bisa bertanya langsung ke dokter mata yang ahli dibidang nya…

      saya hanya sekedar memberikan informasi mengenai iris mata :)

  6. kalau zamrud,sapphire,itu hanya istilah kyk batu permata atau nama jenisnya?

  7. Wow


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • CALENDAR (Kalender)

    October 2009
    M T W T F S S
    « Sep   Nov »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • ARABIC CALENDER (Kalender Masehih)

  • RECENT VISITOR (Pengunjung hari ini)

  • VISITOR (Pengunjung)

    • 53,557 Views
  • CHAT ONLINE

  • TRANSLATE THIS BLOG TO YOUR LANGUAGE

  • SUPPORTED & SPONSORED BY (Didukung dan disponsori oleh)

    Pman Kuya's Facebook profile
  • RECENT READER (Pembaca hari ini)

    View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile
  • Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: