OAT

            Oat (Avena sativa) merupakan sejenis spesies bijiran dan biji benih tumbuhan ini. Oat digunakan sebagai makanan manusia dan juga sebagai makanan bagi hewan, terutama ternak ayam dan kuda. Jerami oat digunakan sebagai tempat tidur hewan dan juga sebagai makanan hewan.

Oat adalah salah satu serealia yang agak sulit untuk diproses dan diolah menjadi bahan makanan. Untuk memproses oat sebagai makanan yang dapat dikonsumsi manusia, sekam oat harus dihilangkan terlebih dahulu sehingga diperoleh groat yang siap diproses. Groat tersebut memiliki serat atau rambut yang harus dihilangkan, karena rasanya yang pahit. Selain itu groat harus distabilkan dengan proses pemanasan dalam rangka menginaktifasi enzim. Jika enzim dalam groat tidak dinonaktifkan akan menyebabkan groat menjadi tengik.

Oat groat memiliki kandungan protein yang paling tinggi serta kualitas protein yang lebih beragam bila dibandingkan serealia lain. Oat groat juga memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna, kecuali beberapa serat dan memiliki ciri fisiologi yang cukup bermanfaat. Kandungan lemak yang dimiliki juga cukup tinggi bila dibandingkan serealia lain. Selain itu oat juga kaya akan mineral dan vitamin pada bran (kulit) dan bakal bijinya.

Lebih lengkap silakan klik disini

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s