Sayur Asem Sunda-Jawa

images5Akirnya hari ini gw berhasil juga bereksperimen buat sayur asem. Sayur asem ini gw kombinasi antara Sunda dan Jawa, maksudnya gw emang bobotoh Persib Bandung tp skrg lagi di benua Arema Malang. Jadi gw nama in sayur asem Sunda-jawa hehehee…

Langsung ajah, secara keseluruhan resepnya gw ambil dari blog nya http://elsyesjournal.multiply.com/reviews/item/12. Trus ada beberapa yg gw modif (halah kaya mobil ajah dimodif).

Bahan (untuk 5-6 porsi sekali makan) :
-2 liter air
-100 gr tetelan (gw kaga make)
-2 lembar daun salam
-2 cm lengkuas geprek
-Melinjo secukupnya (gw kaga make tp aslinya make, palagi klo nyokap yg bikin.jadi kangen ma sayur asem nya nyokap)
-Kacang tanah secukupnya (sayur asem bikinan orang jawa kaga ada yg make)
-Daun melinjo secukupnya
-Kacang panjang, potong-potong (kira2 ¼ ikat kacang panjang klo beli di pasar.Tp yg ini terserah mau banyak jg kaga nape2. Tapi klo orang sunda g make ini)
-Labu siam potong dadu (klo gw seh diganti make jagung manis, satu batang dipotong jd 3-4 bagian. Ini yg khas sunda nya)
-Toge (orang jawa bilang cambah) secukupnya. Klo org sunda g make ini

Bumbu halus :
-5 siung bawang merah
-2 siung bawah putih
-3 buah cabai merah
-1 sdt terasi (gw make trasi yg dah mateng)
-3 sdm garam
-2 sdm gula merah
-5 sdm air asam jawa (yg ini gw modif: asem jawa gw ancurin trus pake air mateng, Airnya masukin di bumbu ulek, asem jawanya dimasukin waktu dimasak)

Cara membuat :

-Rebus air sampai mendidih. -Masukan tetelan dan garam, rebus sampai empuk. -Masukan daun salam lengkuas dan bumbu halus, aduk rata sampai mendidih. -Gw ada tambahan, masukkan bawang bombay biar rasa nya nendang
-Masukan melinjo dan kacang tanah (klo gw tahap ini masukin jagungnya), Rebus sampai empuk.
-Masukan daun melinjo, kacang panjang dan labu siam ato toge.
-Angkat setelah sayur matang dan bumbu meresap sajikan hangat.

Lebih enak lagi make sambel trasi sunda:

Bumbu halus:

-5 siung bawang merah -3 siung bawang -2 buah cabai merah besar (tergantung selera) – 4-6 buah cabai kecil (orang jawa bilang ”lombok”) -1½ sdt trasi mateng -1 sdm garam -1 sdm gula merah

Cara buat:

-Masak semua bumbu halus (kecuali garam dan gula merah) pake air mateng kira2 1 menit. Klo pake trasi mentah, dimasak bareng2 dengan bumbu halus.

-Tiriskan semua bumbu yg telah dimasak, kemudian iris semuanya biar ngulek nya gampang.

-Setelah semua bumbu halus udah di ulek, tambah trasi+garam+gula merah.

-Selamat menikmati….

Ati2 kasih cabai kecilnya, jangan terlalu pedes klo yg g suka pedes. Eksperimen gw make 9 cabai kecil, temen gw sebelah kamar yg make kacamata langsung nangis nyoba sambel gw (wkwkwkkwk) tp tetep ajah dia makan smua sampe abis…..

14 Comments

  1. Man, kok ga nyampe sini sayur asemnya??

  2. Klo dianter ksana malah jd sayur super asem dunk hahahaha

  3. Hemm…… saya dah coba sayurnya.
    wah, kayaknya gak asin ya?? berarti firman minta kawin..He3x
    Sedikit saran, mungkin lebih enak kalo da rasa kaldu sapi-nya kali ya…
    Thanks atas sayurnya ya..

  4. hehehehe…..bisa ajah neh…
    wah bener2…..kayanya kurang kaldu ayam neh. tar dicoba lageh pake kaldu ayam deh, tenkyu2 saran nya

  5. weleh2….
    dah belajar jadi koki neh…
    lha trus ntar klo mbesok2 mosok dirimu nyang masak?
    yo kecut no….
    he3

  6. lik wis kepepet ae mid. aq dadi sanji ne kos2 an hahahaha……

    laaah…..yo mesti bojo q ta sing masak, lik pancet kecut yo ditambah uyah ae ato gulo mik g kecut maneh kakakakakak

  7. Weleh2 sanji kok dudu rambute sing kuning malah untune’….
    he3

  8. kakakakakak…..isoooo ae samidi iki

  9. jadi laper om,….😀

    • hahahaha……..ya makan atuh le….lebih manteb lageh pake sayur asem buatan om pman….tp mahal loh…seprosi 50 rb. mau??

  10. gimana caranya sayur asam jawa barat dijadikan mnjadi masakan kontinental?????
    truz gmn caranya kalo ingin di jadikaN FOOD STYILIST???

  11. Aduh mkch tZ SAranya

    • sama2 teh yunita xixixixi😉

  12. -Kacang tanah secukupnya (sayur asem bikinan orang jawa kaga ada yg make) <—- pitnah ini


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

